October 15th, 2012 @ // No Comments

Umpan Sotong

BORFISH – Salah satu umpan yang paling digemari oleh para pemancing di dunia adalah sotong, dan umpan ini dapat digunakan secara seekor atau secara irisan baik yang hidup maupun yang sudah mati. Beberapa angler suka umpan sotong karena itu adalah makanan utama ikan di laut. Sehingga mancing dengan umpan sotong semakin menyenangkan.

Sotong atau “ikan” nus adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut ataupun danau. Hewan ini dapat ditemukan di hampir semua perairan yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan laut. Sotong juga merupakan makanan sejenis seafood.

Sotong sering kali disalah tafsirkan sebagai cumi-cumi. Keduanya berbeda karena sotong bertubuh pipih, sementara cumi-cumi lebih berbentuk silinder. Selain itu, cangkang dalam sotong tersusun dari kapur yang keras, sedangkan pada cumi-cumi lunak.

Sotong Sebagai Makanan
Sotong merupakan makanan utama di wilayah Mediterania dan Asia Timur. Sama seperti seafood lainnya, sotong kaya akan kalsium dan protein tetapi rendah energi. Makanan yang bahan utamanya sotong merupakan sumber kolesterol. Cangkang dalam sotong biasa digunakan sebagai sumber kalsium bagi burung peliharaan.

Cara menyimpan Umpan Sotong
Terdapat banyak jenis sotong yang ada di perairan negara kita dan boleh dikatakan semua jenis sotong boleh digunakan dari jenis sotong gurita (octopus), sotong pisang (squid), sotong arus (cuttlefish) dan lainnya lagi. Dalam menggunakan sotong, kita haruslah menyimpannya dengan baik karena sotong yang busuk atau rusak tidak akan menarik minat ikan untuk memakannya.

Gunakan Sotong Yang Segar dan Baik
Segar belum tentu baik, dan baik juga belum tentu segar, jadi gunakan keduanya. Cara untuk menyimpan sotong supaya selalu segar adalah membalutnya dengan kertas koran beberapa ekor sebungkus dan dimasukan ke dalam es yang dihancurkan (buried in crushed ice). Tentukan setiap bungkusan hanya terdapat antara 3-5 ekor sotong. Dengan cara ini kita hanya mengeluarkan sebungkus tiap kali menggunakannya.

Apabila perahu atau boat yang anda naiki itu mempunyai tempat untuk menyimpan umpan hidup (life bait well), boleh anda menangkap sotong dan menyimpan di dalamnya. Jagalah agar air selalu mengalir di dalamnya serta minyak tidak masuk ke tempat menyimpan sotong tersebut.      Apabila anda memancing malam hari, sediakan lampu menyala di dalam tempat penyimpanan sotong, karena ini dapat menahan sotong dari kematian.

Cara Memasang Umpan Sotong
Jika kita perhatikan pada bagian ekor sotong, di atas dekat dengan ekor sotong terdapat satu lubang di antara ekor sotong, masukkan mata kail melalui lubang tersebut dan cangkuk keluar kail tersebut melalui sisi yang sama.

Sekiranya umpan itu besar atau kita perlu menggunakan 2 mata kail maka satu mata kail dimasukkan ke dalam sotong tersebut dan satu lagi dibiarkan di luar sotong tersebut.

Sumber: www.iftfishing.com, www.zonaikankita.blogspot.com

Incoming search terms:


Leave a Reply

Facebook

Global Internet Institute