October 15th, 2012 @ // No Comments

Memancing dengan Teknik Popping

BORFISHPopping adalah teknik memancing menggunakan umpan buatan yang disebut popper. Popper itu sendiri terbuat dari bahan dasar kayu dengan berbagai jenis ukuran dan terdapat 3 pasang mata kail/hook dibagian bawahnya. Umumnya target ikan dengan teknik ini adalah Giant Trevally (GT), Tuna, dan lain – lain.

Peralatan memancing yang perlu disiapkan:

  • Reel. Kita bisa menggunakan reel yang memiliki ukuran 8,000-10,000 dengan kapasitas spool besar agar dapat menampung senar yang panjang.
  • Joran. Joran yang digunakan berukuran 2,1 – 2,5 meter.
  • Senar. Rekomendasi senar yang digunakan adalah PE 6 – 12. Dengan menggunakan senar ukuran ini, memungkinkan kita untuk melempar ke area yang lebih jauh, selain itu kapasitas gulungan di reel juga akan lebih panjang.
  • Leader Line. Untuk ukuran leader berkisar antara 80 lbs sampai dengan 150 lbs.
  • Umpan. Karena menggunakan teknik popping, untuk umpan tentunya menggunakan popper. Pemilihan popper juga harus diperhatikan sesuai dengan target ikan dan lokasi memancing. Ada 2 jenis popper yaitu Chugger dan Pencil. Chugger mempunyai kepala yang lebug besar dan agak cekung, sehingga dapat menghasilkan bunyi ketika disentak yang akan menarik perhatian ikan. Umpan jenis ini cocok digunakan diperairan yang lebih tenang dan efektif untuk jenis ikan Giant Trevally (GT). Untuk Pencil Popper, bentuknya lebih ramping dan tidak menimbulkan suara keras. Penggunaannya cukup ditarik terus menerus, tidak perlu disentakkan. Popper pencil ini efektif untuk ikan Tuna.

 

Bagaimana cara kerja teknik popping ini?

Yang dilakukan adalah melempar popper sejauh mungkin, kemudian menyentaknya kembali sehingga menimbulkan suara dan gerakan dari popper yang menarik ikan – ikan predator untuk menyambar umpan popper tersebut.

Sumber : www.ideamarketers.com, www.zonamancing.com

Incoming search terms:


Leave a Reply

Facebook

Global Internet Institute